PELATIHAN PIAGAM BINTANG KEAMANAN PANGAN KANTIN SEKOLAH

Pada hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2019 bertempat di  Hotel Royal Tarakan, Balai Besar POM di Samarinda bersama Kantor Loka POM di Kota Tarakan menyelenggarakan PELATIHAN PIAGAM BINTANG KEAMANAN PANGAN KANTIN SEKOLAH di Kota Tarakan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Loka POM di Kota Tarakan, Bapak Musthofa Anwari, S.Si, Apt yang mewakili Kepala Balai Besar POM di Samarinda. Sebagai narasumber Pelatihan PBKPKS adalah Bapak Musthofa Anwari, S.Si, Apt, Ibu Cristhine Natalia Panjaitan dan Ibu Hani Dwi K, S.Si, Apt.  Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Rangkaian Program Intensifikasi Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Adapun tujuan kegiatan Pelatihan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah adalah untuk :

  1. Meningkatkan pemahaman keamanan pangan bagi komunitas sekolah termasuk pengelola kantin sekolah.
  2. Memberikan pengetahuan parameter penilaian untuk mendapatkan PBKPKS dan cara penerapan parameter tersebut
  3. Mempersiapkan kantin sekolah untuk mendapatkan PBKPKS

Peserta Pelatihan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin SekolahTahun 2019di Kota Tarakan ini diikuti sebanyak 49 orang., yang terdiri dari Guru Pembina Kantin/UKS 20 orang, pedagang Pangan Jajanan Anak Sekolah 21 orang, Sanitarian Puskesmas 6 orang serta dari Kantor  Loka POM di Kota  Tarakan 2 orang.

Pada kesempatan ini pula dipaparkan juga hasil uji Rapid Test Kit kegiatan Mobil Laboratorium Keliling (Mobling) oleh petugas dari Balai Besar POM di Samarinda dan Loka POM di Kota Tarakan  dan pemetaan kondisi Kantin di 21 Sekolah yang terlah dilaksanakan tanggal 29 Juli-1 Agustus 2019.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan  PBKPKS ini adalah 21 sekolah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN) yang dipilih mengikuti pelatihan ini berkomitmen untuk menerapkan keamanan pangan di lingkungan sekolahnya dan mendapatkan PBKPKS dari Balai Besar POM di Samarinda.

pbkpks-bbpom-samarinda-tarakan
Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat