Pengawasan Keamanan Pangan Desa dengan Mobil Lab Keliling di Berau

Tanggal 29 Oktober – 01 November 2019 bertempat di Kabupaten Berau, Balai Besar POM di Samarinda berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Berau melaksanakan Pengawasan Pangan melalui Mobil Laboratorium Keliling.

Pengawasan Keamanan Pangan yang dilakukan oleh BBPOM di Samarinda berupa sinergisme kegiatan mobling dan uji produk ke desa. Kegiatan pengawasan yang dilakukan untuk keamanan pangan adalah pengambilan sampel dan pengujian sampel. Hasil pengujian sampel dapat dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan program keamanan pangan.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) tahun 2019. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk :

1. Mendukung data pra dan post intervensi keamanan pangan di desa target sebagai bahan monitoring dan evaluasi.
2. Memastikan praktek keamanan pangan sudah diterapkan oleh komunitas masyarakat desa dan usaha pangan desa.

Pada kegiatan mobling dilakukan pengujian produk pangan menggunakan rapid test kit. Target produk pada kegiatan mobling yaitu produk yang dihasilkan oleh usaha pangan di desa yang diintervensi yaitu produk yang berasal dari IRTP, PKL, Ritel dan 4 (empat) Kantin sekolah yang berada di Kabupaten Berau.

Pengawasan Keamanan Pangan dilaksanakan di 3 Kelurahan yaitu Kampung Maluang, Kelurahan Bugis dan Kelurahan Gunung Panjang di Kabupaten Berau. Produk yang diuji sebanyak 70 sampel dengan parameter uji : Rhodamin B, Methanyl Yellow, Formalin dan Boraks.
Diharapkan dari kegiatan pengawasaan keamanan pangan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak di bidang keamanan pangan agar masyarakat di Kabupaten Berau mampu secara mandiri dan berkesinambungan menyiapkan dan menghasilkan pangan yang aman dan bermutu.

Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat