Warga Kampung Pegat Betumbuk, Kecamatan Pulau Derawan Dapatkan Informasi Keamanan Pangan dari BBPOM Samarinda

Kamis, 25 Maret 2021 BBPOM di Samarinda melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi  (KIE) di Kampung Pegat Betumbuk, Kecamatan Pulau Derawan. Acara ini sebagai tindak lanjut operasi penindakan bahan berbahaya pada pangan di Kampung Pegat Betumbuk, Kecamatan Pulau Derawan dan dalam rangka pemberdayaan masyarakat agar masyarakat menjadi konsumen cerdas sehingga mampu melindungi diri dari bahan berbahaya pada pangan yang berisiko terhadap kesehatan.Acara ini dihadiri oleh 50 orang masyarakat pelaku usaha pengolah terasi di Kampung Pegat Betumbuk, perwakilan stakeholder terkait yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Berau, Forum UMKM Kabupaten Berau dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau. 

Acara dibuka oleh Suhartini selaku Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Kesjaor, Dinkes Berau yang mengharapkan dengan kegiatan ini masyarakat paham terkait dengan keamanan pangan serta mampu mengimplementasikannya dalam proses pengolahan pangan, terutama terasi sehingga produk terasi Berau lebih mampu bersaing dan mampu meningkatkan taraf hidup di Kampung Pegat Betumbuk. “Terima kasih juga kami sampaikan kepada pada Bapak Sem Lapik beserta tim BBPOM di Samarinda yang sudah menyelenggarakan acara ini”, diakhir sambutannya.

Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh Sem Lapik selaku Kepala BBPOM di Samarinda terkait Memilih Pangan Aman dari Bahan Berbahaya. “Untuk menjamin pangan aman, harus bebas dari 3 bahaya, yaitu bahaya fisik, kimia dan biologi”, paparnya.

Bapak Sem Lapik juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kampung Pegat Betumbuk, sudah memakai bahan pewarna makanan yang sudah diijinkan oleh Badan POM, dan meninggalkan pemakaian pewarna Rhodamine B dan menggunakan pewarna pangan yang foodgrade untuk memproduksi terasi.Paparan selanjutnya disampaikan oleh Genta Nila Hadi selaku Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi, BBPOM di Samarinda tentang 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu Jaga Kebersihan, pisahkan pangan mentah dari pangan matang, masaklah dengan benar, jagalah pangan pada suhu aman dan gunakan air dan bahan baku yang aman.Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan foto bersama antara peserta dan narasumber.

Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat