Berbekal Bimtek dari BBPOM Samarinda, Petugas Pasar Klandasan Balikpapan Kini Bisa Lakukan Rapid Test Bahan Berbahaya pada Pangan

Berbekal Bimtek dari BBPOM Samarinda, Petugas Pasar Klandasan Balikpapan Kini Bisa Lakukan Rapid  Test Bahan Berbahaya pada Pangan

Program Pasar Aman Pangan Tahun 2021, Balai Besar POM di Samarinda menyelenggarakan Bimbingan Teknis kepada petugas pengelola Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, Kamis 08 April 2021.

Acara Bimtek diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari Petugas Pengelola Pasar, perwakilan Kecamatan Balikpapan Kota, Kelurahan Balikpapan Ulu, Puskesmas Balikpapan Ilir dan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan.

 “Kami sangat mengapresiasi kegiatan Pasar Pangan Aman dari BBPOM di Samarinda yang tahun 2021 ini dilaksanakan di Pasar Klandasan Balikpapan”, demikian ujar Arzedi ketika membuka acara.

Dalam kesempatan ini, Arzaedi juga menyampaikan kepada peserta yang menghadiri Bimtek ini “Kita harus memanfaatkan kegiatan ini untuk mewujudkan pasar yang sehat dan aman demi kepentingan masyarakat, selaras dengan rencana revitalisasi yang akan menjadikan pasar Klandasan sebagai pilot projectnya.”

Pada Kegiatan Bimtek ini di paparkan beberapa materi dari Narasumber BBPOM di Samarinda diantaranya tentang Cara Ritel Pangan Yang Baik di Pasar Tradisional oleh F. Dany Bestara H (Ahli Muda) dan materi tentang Pengetahuan tentang Bahan Berbahaya pada Pangan yang mengandung Bahan Berbahaya, Petunjuk Penggunaan Rapid Test kit serta Pelaporan hasil sampling dan pengujian oleh Christine Natalia Panjaitan (Ahli Madya).

Dalam Bimtek ini juga diberikan pelatihan teknik sampling kepada Petugas Pengelola Pasar Klandasan dan dilanjutkan Demo penggunaan rapid testkit oleh Petugas BBPOM di Samarinda dengan harapan Petugas Pasar mampu melakukan sampling dan Pengujian secara mandiri dengan menggunakan rapid test kit.

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya Bimtek, terlebih ketika sesi Demo Test Kit yang menampilkan contoh produk pangan yang positif mengandung bahan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Methanil  Yellow dan Rhodamin-B.

Di akhir acara, BBPOM di Samarinda menyerahkan Reagensia Test Kit Boraks, Formalin, Methanil  Yellow dan Rhodamin-B serta seperangkat alat gelas untuk pengujian (glassware) kepada Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman yang kemudian langsung menyerahkan kepada La Assa selaku Kepala UPT Dinas Pasar Wilayah III Pasar Klandasan Kota Balikpapan.

Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat