Penyebaran Informasi Produk Obat dan Makanan di Wilayah Cakupan Puskesmas Juanda Samarinda

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Badan POM melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) harapannya dapat meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan, selain itu agar masyarakat mampu melindungi diri dari produk obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan.

Bertempat di Restoran Yen`s Delight, Samarinda pada tanggal 03 Desember 2019 Balai Besar POM di Samarinda mengadakan Penyebaran Informasi Produk Obat dan Makanan dalam Rangka Komunikasi Informasi Edukasi Obat dan Makanan Aman. Penyelenggaraan kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang, yang terdiri dari kader PKK, Kader Posyandu dan Kader Guru yang merupakan binaan dari Puskesmas Juanda, Samarinda.

Acara dibuka oleh Ibu drg. Ida Aprida selaku Pimpinan Puskesmas Juanda. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar POM di Samarinda atas penyelenggaraan kegiatan ini, karena dapat menambah pengetahuan para kader binaan Puskesmas Juanda. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA) oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM di Samarinda Ibu Genta Nila Hadi, S.Si., Apt, MM dan materi Prinsip Keamanan Pangan dan Lima Kunci WHO serta Aplikasi Pengenalan Kemanan Pangan oleh PFM Ahli Madya Balai Besar POM di Samarinda Ibu Christine Natalia Panjaitan, S.Si., Apt kemudian dialnjutkan dengan diskusi.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam upaya kemandirian sehingga mampu memilih produk obat dan makanan yang aman, bermanfaat dan bermutu untuk konsumen, mengenal bahaya dan resiko konsumsi obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat serta sadar pentingnya membaca informasi label dan kemasan obat dan makanan yang akan dikonsumsinya.

Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat