Persiapkan Program Pasar Aman di Kutai Timur, BBPOM Samarinda Lakukan Koordinasi

Senin-Rabu, 15-17 Maret 2021 BBPOM di Samarinda melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kutai Timur dalam rangka penentuan desa yang akan diintervensi dalam Program Desa Pangan Aman. Pada kesempatan ini BBPOM di Samarinda menyampaikan Rencana Program Pemberdayaan Masyarakat yang akan dilaksanakan oleh BBPOM di Samarinda yang salah satunya adalah Program Desa Pangan AmanĀ  yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kutai Timur.

Balai Besar POM di Samarinda akan melaksanakan intervensi di beberapa kelurahan yang ada di Kutai Timur, dengan tahapan kegiatan sebagai berikut : Advokasi Terpadu, Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa, Bimtek Komunitas, Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan Desa, Fasilitasi Praktik Keamanan Pangan, dan Monitoring Evaluasi Program  Desa Pangan Aman.  Desa yang diusulkan untuk mendapat intervensi Program Desa Pangan Aman adalah Desa yang mempunyai Tim Keamanan Pangan Desa dan Kader Keamanan Pangan Desa yang aktif, mempunyai potensi pangan lokal yang bisa menjadi ciri khas dan dapat berkontribusi pada aspek pemberdayaan masyarakat desa. Khusus untuk Kutai Timur juga akan diintervensi terkait desa kategori stunting.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur yang dalam hal ini diwakili Mulyadi (Kepala Seksi Kefarmasian) menyambut baik program yang akan dilaksanakan oleh BBPOM di Samarinda dan siap mendukung agar program ini berjalan dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan Kriteria desa dari Juknis Desa Pangan Aman yang diberikan , maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur mengusulkan 4 Desa  yang akan diintervensi dalam program ini yaitu Desa Sangkima, Desa Margo Mulyo, Desa Mukti Jaya, dan Desa Teluk Pandan.

Selanjutnya petugas BBPOM di Samarinda oleh Dinas Kesehatan melakukan Koordinasi awal pada pihak kecamatan dan empat desa yang akan diintervensi program Desa Pangan Aman .

Dalam kesempatan ini pula BBPOM di Samarinda menyerahkan brosur KIE antara lain Brosur Notifikasi Kosmetik, Waspada Belanja Produk Herbal Secara Online, Mengenal Kemasan Pangan Kertas dan Karton, Poster Lima Kunci Keamanan Pangan dan Baca Label Sebelum Membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *