Intervensi Keamanan Pangan bagi UMKM Pangan di Samarinda

Bertempat di Hotel Harris, Samarinda pada tanggal 22-23 Oktober 2019 Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha dan Balai Besar POM di Samarinda mengadakan Intervensi Keamanan Pangan bagi UMKM Pangan. Penyelenggaraan kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 500 orang, yang terdiri dari pelaku usaha pangan olahan terkemas yang merupakan anggota ormas dari Salimah Kaltim, Aisyiyah Kaltim, IPEMI Kaltim dan binaan Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Penyelenggaraan kegiatan ini dibagi dalam 2 (dua) kelompok pelaksanaan yaitu tanggal 22 Oktober 2019 peserta dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kaltim, dan tanggal 23 Oktober 2019 yang diikuti oleh Aisyiyah dan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kaltim.
Materi yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu Keamanan dan Mutu Pangan, Peraturan Perundang-undangan di Bidang Pangan, Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP), Prosedur Operasi Sanitasi yang Standar, Teknologi Proses Pengolahan Pangan dan Persyaratan Label dan Iklan Pangan serta Pencantuman Label Halal yang disampaikan oleh Narasumber dari Balai Besar POM di Samarinda, yaitu Drs. Leonard Duma, Apt., MM selaku Kepala Balai, Ibu Christina Natalia Panjaitan, S.Si, Apt dan Pranandari Kenyowulan, S.Si, Apt, dan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha yaitu Anita Nuraeni, S.Si, Apt., M.Si; Nur Alimah Yunita, S.TP, M.Si serta dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ibu Maryam Amir, S.KM, M.Kes.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa meningkatnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya dalam produksi pangan yang aman dan bermutu, memberi kesempatan untuk memperoleh Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka pengajuan SP-PIRT dan masyarakat dapat terlindungi dari konsumsi pangan yang tidak aman dan tidak bermutu.

Bagikan info ini ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat